Kencing Bernanah Mengganggu? Ketahui Penyebabnya!

Ilustrasi Kencing Bernanah Mengganggu? Ketahui Penyebabnya!

Klinik Apollo – Bakteri Neisseria gonorrhoeae adalah penyebab kencing bernanah. Bakteri tersebut hidup dan berkembang biak di area tubuh yang lembap dan hangat.

Bakteri Neisseria gonorrhoeae dapat ditemukan dalam saluran kemih, leher rahim, rektum, atau tenggorokan orang yang terinfeksi.

Setelah terinfeksi, gejala utama yang berupa nanah akan muncul antara 3 sampai 7 hari. Selain bakteri, terdapat beberapa penyebab kencing bernanah yang perlu diketahui. Apa sajakah itu? Berikut pembahasannya!

1. Sering mengganti pasangan seksual

Memiliki banyak pasangan seksual atau sering mengganti pasangan seksual juga dapat meningkatkan risiko terkena infeksi gonore.

Semakin banyak pasangan seksual yang dimiliki, semakin besar kemungkinan terpapar bakteri gonore.

2. Pasangan yang terinfeksi

Berhubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi gonore meningkatkan risiko penularan.

Jika pasangan seksual memiliki infeksi gonore, kemungkinan Anda akan tertular bakteri.

3. Alergi atau iritasi

Penggunaan produk kimia seperti sabun, deterjen, atau pewarna sintetis yang iritatif dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih dan menyebabkan kencing bernanah.

Oleh karena itu, Anda perlu menghindari berbagai produk yang menyebabkan iritasi.

4. Kateter

Jangan memakai kateter urine yang tidak bersih. Sebaiknya, gunakan alat tersebut secara tepat agar infeksi pada saluran kemih tidak terjadi.

Apabila memakai kateter yang tidak steril, hal tersebut bisa memunculkan nanah.

5. Sisa air mani

Terkadang, setelah ejakulasi, sisa-sisa air mani yang tertinggal dalam uretra dapat menyebabkan keluarnya nanah setelah buang air kecil.

6. Menyentuh benda berbahan kimia yang beracun

Pestisida atau zat kimia industri dapat menimbulkan iritasi yang berkaitan langsung dengan cairan putih-kekuningan dan berbau tidak sedap.

Jika gejala gonore seperti nanah terpancar dari alat kemaluan Anda, hubungi dokter segera. Mintalah pertolongan pertama kepada dokter agar gonore tidak menyebar kepada pasangan seksual.

Baca Juga: Sembuh dari Gonore? Ini Efeknya, Masih Bisa Kambuh!

Oleh karena itu, budayakanlah hubungan intim dengan cara yang sehat, rajin mencuci alat genital, dan hidup dengan pola yang teratur agar terhindar dari penyebab kencing bernanah.

Sumber: Klinik Apollo

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu