Beragam Penyebab Klamidia yang Terjadi Pada Wanita

Klinik Apollo - Klamidia merupakan salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang umum terjadi pada wanita. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri bernama Chlamydia trachomatis, dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius jika tidak diobati.

Selain berhubungan seksual, banyak faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang terinfeksi klamidia. Oleh karena itu, melakukan seks yang aman adalah kuncinya.

Perlu Anda pahami, banyak orang yang mengalami klamidia tetapi mereka tidak mengetahuinya. Jadi, banyak yang terlambat berobat, dan akhirnya menimbulkan masalah yang lain.

Nah, untuk menghindari masalah yang lebih parah lagi, kita akan mengulas 4 penyebab klamidia yang sering dialami oleh wanita, mari simak.

Ilustrasi Beragam Penyebab Klamidia yang Terjadi Pada Wanita
Sumber gambar: klinikapollojakarta.com

1. Hubungan Seksual

Ini adalah penyebab paling umum klamidia pada wanita. Bakteri Chlamydia trachomatis dapat berpindah melalui cairan kelamin saat berhubungan intim tanpa kondom dengan seseorang yang terinfeksi.

2. Multipel Pasangan Seksual

Semakin banyak pasangan seksual yang dimiliki wanita, semakin tinggi risiko terpapar klamidia. Hal ini dikarenakan meningkatnya kemungkinan terkontak dengan orang yang terinfeksi.

3. Riwayat Penyakit Menular Seksual Lainnya

Wanita yang pernah menderita PMS lain, seperti gonore atau sifilis, lebih rentan mengalami klamidia. Kondisi ini menandakan adanya potensi perilaku seksual berisiko yang dapat berujung pada penularan klamidia.

4. Usia

Wanita berusia di bawah 25 tahun memiliki risiko klamidia lebih tinggi dibandingkan wanita yang lebih tua.

Faktor ini bisa dipengaruhi oleh perubahan hormonal pada masa muda yang mempengaruhi kerentanan Miss V terhadap infeksi, serta perilaku seksual yang mungkin lebih aktif pada usia tersebut.

Baca Juga: Cara Mencegah Penyebaran Penyakit Kelamin yang Disebabkan oleh Bakteri

Jadi, dengan memahami penyebab-penyebab di atas, Anda bisa lebih wasapada terhadap kesehatan genital Anda. Jika memang Anda positif klamidia, segeralah konsultasikan dengan dokter.

Sumber: Klinik Apollo

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu