Faktor Penyebab Keputihan Menjadi Warna Coklat, Simak!

Ilustrasi Faktor Penyebab Keputihan Menjadi Warna Coklat

Klinik Apollo - Keputihan yang tiba-tiba berubah berwarna coklat mungkin membuat panik, terutama apabila timbul secara tiba-tiba, apalagi keputihan dikenal sebagai kondisi yang terjadi karena keluarnya zat cair berwarna bening.

Perubahan warna pada cairan yang keluar ketika seseorang mengalami keputihan sebaiknya tak diabaikan begitu saja sebab ada masalah tertentu yang bisa menjadi pemicunya.

Warna tertentu pada cairan keputihan. Misalnya adalah warna coklat yang bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu.

Kondisi ini juga bisa menjadi tanda awal kehamilan perempuan. Ketahui penyebab dan cara mengobati keputihan coklat agar Anda bisa menjadikan informasi ini sebagai referensi untuk mengatasinya.

Kondisi yang Menyebabkan Keputihan Berubah Coklat

Faktor Penyebab Keputihan Menjadi Warna Coklat
Img: Klinik Apollo

Keputihan coklat tidak serta-merta muncul begitu saja. Ada penyebab yang mendorongnya, terlebih keputihan akibat infeksi.

Selain menstruasi dan kehamilan, ada beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab kondisi ini muncul.

Bercak berwarna coklat bisa menjadi indikasi penyakit tertentu jika berserta dengan aroma tak sedap, rasa gatal, hingga nyeri.

Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi pemicu cairan keputihan yang keluar berwarna coklat, meliputi:

1. Atrofi Vagina

Atrofi vagina atau vaginitis atrofi–terjadi karena berkurangnya kadar hormon estrogen pada tubuh–seringkali terjadi menjelang masa menopause.

2. Polip rahim

Penyakit ini bisa memicu indikasi berupa keluarnya keputihan warna coklat. Tanda-tanda polip rahim juga bisa dengan perdarahan setelah hubungan seksual serta perdarahan menstruasi yang sangat banyak.

3. Servisitis

Infeksi menular seksual (IMS) adalah penyebab servisitis. Salah satu gejala yang bisa muncul adalah keputihan warna coklat atau keputihan yang disertai darah.

4. Kanker serviks

Kanker serviks merupakan kondisi yang harus Anda waspadai dan tidak boleh Anda remehkan.

Jika sudah berkembang parah, kondisi ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan, misalnya keputihan berwarna coklat yang beserta dengan nyeri pada bagian bawah perut atau panggul, nyeri saat berhubungan intim, dan sulit buang urine.

Metode Pengobatan

Ada beberapa kategori pemeriksaan yang bisa dokter berikan untuk pengidap, guna memastikan penyebab penyakit ini, antara lain pemeriksaan fisik, kolposkopi, pap smear, tes darah, tes urine, serta USG panggul.

Pasca Anda mengetahui penyebabnya, pengobatan bisa segera dilakukan. Ada beberapa pengobatan keputihan warna coklat yang bisa dokter lakukan, antara lain:

  • Mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter.
  • Operasi untuk mengatasi keputihan coklat yang diakibatkan kanker serviks.
  • Terapi laser untuk mengatasi keputihan abnormal.
  • Kemoterapi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Sumber: Klinik Apollo

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu