Faktor Penyebab Pria Terinfeksi Klamidia

Klinik Apollo - Tidak hanya wanita, ternyata klamidia juga bisa terjadi pada pria. Ada beragam faktor penyebab seorang pria terinfeksi penyakit klamidia, salah satunya adalah berhubungan seksual.

Perlu Anda ketahui, bahwa klamidia seringkali tidak menunjukkan gejala pada pria. Oleh karena itu, penting untuk melakukan tes klamidia secara rutin, terutama jika Anda aktif secara seksual.

Jika Anda mengalami gejala klamidia, seperti keluarnya cairan penis yang tidak biasa, rasa sakit saat buang air kecil, atau rasa sakit saat berhubungan seksual, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Jadi jika Anda khawatir terinfeksi klamidia, mari simak 5 penyebab pria terkena klamidia yang perlu Anda waspadai!

Ilustrasi Faktor Penyebab Pria Terinfeksi Klamidia
Sumber gambar: klinikapollojakarta.com

1. Berhubungan Seksual

Faktor risiko utama klamidia adalah berhubungan seksual tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi. Kondom adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran IMS, termasuk klamidia.

2. Memiliki Lebih dari Satu Pasangan Seksual

Pria dengan banyak pasangan seksual lebih berisiko terkena klamidia dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki satu pasangan.

Hal ini dikarenakan meningkatnya kemungkinan terpapar klamidia dari berbagai sumber.

3. Riwayat IMS Lainnya

Pria dengan riwayat IMS lain, seperti gonore atau sifilis, lebih rentan terhadap klamidia. Kondisi ini menandakan adanya perilaku seksual berisiko yang dapat berujung pada penularan klamidia.

4. Usia

Pria berusia di bawah 25 tahun memiliki risiko klamidia lebih tinggi dibandingkan pria yang lebih tua.

Faktor ini dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal pada masa muda yang mempengaruhi kerentanan penis terhadap infeksi, serta perilaku seksual yang mungkin lebih aktif pada usia tersebut.

5. Ketidaktahuan Status Pasangan

Pria yang tidak mengetahui status kesehatan seksual pasangannya lebih berisiko terkena klamidia.

Pentingnya pemeriksaan rutin terkait kesehatan organ genital dapat mencegah seseorang tertular penyakit menular seksual, seperti klamidia.

Baca Juga: Beragam Penyebab Klamidia yang Terjadi Pada Wanita

Jadi, konsultasikan masalah Anda dengan dokter di Klinik Apollo, secara GRATIS.

Sumber: Klinik Apollo

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu