Alat Kelamin Pria Keluar Nanah? Ketahui Penyebab dan Obatnya

Klinik Apollo – Nanah merupakan cairan yang bisa muncul dari organ reproduksi pria. Masalah yang menyoroti alat kelamin pria yang keluar nanah ini penting untuk diketahui karena termasuk kondisi yang mengkhawatirkan.

Secara medis, keluarnya nanah dari penis dapat menunjukkan adanya infeksi menular seksual (IMS) tertentu, yang mana gejalanya bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan kecemasan seseorang.

Penting bagi Anda untuk memiliki wawasan mengenai penyebab dan obat untuk alat kelamin pria yang keluar nanah.

Dengan memahaminya secara keseluruhan, Anda bisa mengantisipasi keluhan tersebut apabila terjadi pada kemudian hari.

Penyebab Alat Kelamin Pria Keluar Nanah

Ilustrasi Penyebab Alat Kelamin Pria Keluar Nanah
Ilustrasi Penyebab Alat Kelamin Pria Keluar Nanah (Sumber: Klinik Apollo)

Alat kelamin pria yang disebut sebagai penis merupakan organ kemaluan yang sensitif terhadap penyakit, termasuk yang berjenis infeksi menular seksual.

Gonore merupakan penyakit yang menyebabkan nanah keluar dari alat kelamin pria (penis). Neisseria gonorrhoeae, bakteri tersebut adalah biang dari munculnya gejala tersebut.

Tidak hanya itu, setelah tertular, penderita akan merasakan gejala yang muncul antara 2 hingga 7 hari yang berupa kencing nanah.

Selain gonore, beberapa penyebab alat kelamin keluar nanah adalah sebagai berikut:

  • Infeksi saluran kemih: Gangguan di saluran kencing yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti Escherichia coli (E. coli).
  • Uretritis non-gonokokus: Peradangan pada uretra yang disebabkan oleh infeksi non-gonore, seperti Chlamydia, Mycoplasma, atau Ureaplasma.
  • Klamidia: Klamidia dapat menular melalui perilaku seksual yang tidak aman. Gejala klamidia pada laki-laki acapkali ringan atau tanpa gejala, tetapi beberapa orang dapat mengalami nanah yang bercampur urine, rasa terbakar saat buang air (BAK), atau sensasi tidak nyaman di bagian uretra.

Hanya pemeriksaan medis yang dapat memastikan apakah gonore atau penyakit lainnya yang menyebabkan keluarnya nanah dari alat kelamin pria.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, mewawancarai pasien mengenai gejala dan riwayat seksual, atau mungkin melakukan tes laboratorium untuk mengidentifikasi penyebab keluarnya nanah dengan lebih akurat.

Obat Penyembuh Penis yang Mengeluarkan Nanah

Cairan kental yang bisa saja berbau (nanah) dapat sembuh dengan penyembuhan yang dinamis dari dokter. Namun, pengobatan untuk penis yang mengeluarkan nanah akan bergantung pada penyebabnya.

Dokter akan memberikan resep obat-obatan antibiotik dengan nama tertentu apabila Neisseria gonorrhoeae, Chlamydia trachomatis, infeksi saluran kemih, dan uretritis non-gonore menginfeksi seseorang dan menimbulkan gejala pipis bernanah.

Setiap kasus dapat berbeda, dan dokter akan mengevaluasi berdasarkan faktor-faktor individu sebelum meresepkan penawar yang tepat.

Selain Anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan pengobatan kepada pasangan seksual juga jika infeksi menular seksual menjadi pemicunya.

Sumber: Klinik Apollo

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu